Sistem Aplikasi Gempa Bumi

Sistem Informasi Gempa Bumi dan Aplikasi Pemantau Gempa Bumi

Indonesia berada pada wilayah Cincin Api Pasifik yang berada di antara tiga tumbukan lempeng benua, tiga tumbukan lempeng tersebut adalah Indo-Australia dari sebelah selatan, Eurasia dari utara, dan Pasifik dari timur.

Gempa bumi adalah gejala alam yang tidak dapat dihindari dan tidak dapat diprediksi waktu kejadiannya. Hal yang dapat dilakukan adalah melakukan mitigasi bencana dan juga melakukan pemetaan wilayah untuk melihat histori masa lalu.

Salah satu cara untuk mengetahui pemetaan gempa bumi bisa dilakukan menggunakan sistem informasi geographis seperti google maps, arcgis ataupun open source seperti openlayers. Dimana titik-titik tersebut dipetakan berdasarkan historis kejadian dan juga luas wilayah yang terpapar.

earthquake.usgs.gov adalah satu website dari pemerintah amerika yang memberikan gambaran history gempa secara GIS dan realtime. Website tersebut dapat di akses melalui https://earthquake.usgs.gov/earthquakes/map/

Pengembangan aplikasi GIS untuk gempa diharapkan dapat memudahkan dalam melakukan mitigasi bencana dan membuat masyarakat aware dengan keadaan yang ada. Selain itu pengembangan aplikasi berbasis GIS gempa ini dapat memberikan peringatan dini untuk kejadian-kejadian gempa yang terjadi di radius tertentu.

Untuk end user aplikasi gempa sudah banyak tersedia baik itu beruapa mobile apps ataupun web apps. Beberapa aplikasi gempa tersebut diantaranya:

Info BMKG

Info BMKG memberika update terkait gempa dan juga prakiraan cuaca, seluruh kabupaten atau kota, plus lokasi sekitar pengguna. Selain itu aplikasi BMKG juga memberikan info terkait Peta Iklim, Kualitas Udara, Cuaca.
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.Info_BMKG&hl=en

Info Gempa Bumi Terkini

Aplikasi Info Gempa Bumi Terkini dapat memberik informasi dan mengetahui jarak lokasi gempa bumi terkini dengan lokasi dan selain itu juga pengguna akan mendapatkan alarm peringatan tsunami dari BMKG secara langsung. Beberapa fitur-firu lainnya

– Informasi Gempa diatas 5 Skala Richter
– Informasi Gempa dibawah 5 Skala Richter
– Informasi Prakiraan Cuaca Indonesia
– Pengaturan Prakiraan Cuaca Indonesia
– Pengingat Alarm Notifikasi Gempa Bumi Terkini
– Bagikan kepada teman, sahabat ataupun keluarga anda
– Informasi Aktual BMKG

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.minall.infobmkg&hl=en

Selain 2 aplikasi tersebut terdapat beberapa aplikasi yang bisa digunakan dalam melakukan pemantauan gempa seperti:

  • Beta Quake Alert
  • Earthquake Alert!
  • MyShake

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *