Mobile Apps Development

Mobile Apps Development adalah sebuah kegiatan pengembangan aplikasi berbasiskan mobilephone atau smartphone. Dengan semakin berkembangnya dunia SmartPhone maka Mobile Apps Development menjadi hal yang sangat banyak diminati.

Apakah mobile apps development itu rumit?

Jawabannya kembali lagi tergantung requirement dan tergantung kebutuhan dari sisi user.

Mobile apps (native dan hybrid) pada dasarnya dapat berdiri sendiri tanpa perlu perantara Internet, backend, server ataupun database. Karena pada dasarnya Mobile apps yang tidak memerlukan transaksi data dan penyimpanan di cloud dapat menyelesaikan tasklist-tasklist tanpa ketergantungan Internet ataupun sejenisnya.

𝐊𝐚𝐩𝐚𝐧 𝐬𝐞𝐛𝐮𝐚𝐡 𝐦𝐨𝐛𝐢𝐥𝐞 𝐚𝐩𝐩𝐬 𝐛𝐮𝐭𝐮𝐡 𝐈𝐧𝐭𝐞𝐫𝐧𝐞𝐭:

Mobile apps itu pada dasarnya hanya sebuah interface yang menjebatani antara pengguna dan sistem sama seperti browser seperti chrome, firefox dan lainnya. Yang membedakannya Mobile apps ini adalah sebuah aplikasi yang digunakan spesifik untuk penyelesaian tugas yang khusus.

Mobile Apps membutuhkan Internet/Jaringan jika kita akan melakukan transaksi-transaksi khusus ataupun melakukan pencatatan yang ingin disimpan kedalam database dan ingin digunakan datanya untuk kebutuhan pihak lain.

𝐀𝐩𝐚𝐤𝐚𝐡 𝐌𝐨𝐛𝐢𝐥𝐞 𝐀𝐩𝐩𝐬 𝐏𝐞𝐫𝐥𝐮 𝐁𝐚𝐜𝐤𝐞𝐧𝐝

Backend itu bahasa kerennya adalah Dashboard, biasanya dalam bentuk webbase tapi ada juga yang dalam bentuk mobile.

Kenapa banckend ini lebih kearah webbase karena backend ini akan menampilkan hal-hal yang lebih kompleks, dari mulai pengaturan sampai dengan report.

Kalo pertanyaanya apakah perlu? biasanya kalo memang sebuah apps sudah berbentuk transaksi maka secara otomatis dibutuhkan sebuah panel Dashboard yang dapat memberikan data-data kegiatan dari transaksi. Seperti data pengguna, data transaksi atapun data lainnya yang bersifat dinamik.

𝐀𝐩𝐚𝐤𝐚𝐡 𝐒𝐚𝐲𝐚 𝐏𝐞𝐫𝐥𝐮 𝐌𝐞𝐦𝐛𝐮𝐚𝐭 𝐀𝐩𝐥𝐢𝐤𝐚𝐬𝐢 𝐌𝐨𝐛𝐢𝐥𝐞 𝐀𝐩𝐩𝐬?

Untuk hal ini kembali lagi ke kebutuhannya dan nature aplikasinya. Kalo memang dibuka di browser masih nyaman dan tidak memiliki kebutuhan khusus, maka cukupkanlah dengan browser.

Tetapi kalo memang ingin memberikan penawaran-penawaran istimewa atau daily activity-nya sering banget maka lebih baik  membuat aplikasi mobile appsnya.

Berapakah biaya Development Mobile Apps?

Biaya pembuatan aplikasi mobile apps sebenarnya tergantung dari tingkat kerumitan dari aplikasi tersebut. Karena ada beberapa faktor yang akan menentukan seberapa banyak pekerjaan yang akan dilakukan. Pekerjaan-pekerjaan tersebut dapat berupa:

  • Analysis dan Dokumentasi
  • Design Aplikasi
  • Pembuatan API transaksi bila aplikasi tersebut memiliki transaksi
  • Security

Biasanya pengembangan Development Mobile Apps hybrid dimulai dari harga 50jt sampai dengan harga 500jt bahkan lebih. Jadi pengembangn Mobile Apps ini akan tergantung dari requirement yang ada.

Contoh Aplikasi Mobile Apps yang dikembangkan di iCreativelabs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *