ReactJs dan VueJs adalah dua framework JavaScript yang populer untuk pengembangan aplikasi web frontend. Kedua framework ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun ReactJs secara umum lebih populer di kalangan developer.


  • Ada beberapa alasan mengapa ReactJs lebih populer dibanding VueJs, di antaranya:


    Popularitas

    ReactJs telah ada sejak tahun 2013 dan telah menjadi salah satu framework JavaScript paling populer di dunia. Menurut survei Stack Overflow Developer Survey 2023, ReactJs adalah framework JavaScript paling populer kedua setelah NodeJs. Popularitas ReactJs ini tentunya menarik lebih banyak developer untuk mempelajari dan menggunakannya.



    Dukungan dari komunitas:

    ReactJs memiliki komunitas yang sangat besar dan aktif. Komunitas ini menyediakan berbagai macam sumber daya untuk membantu developer mempelajari dan menggunakan ReactJs, seperti tutorial, dokumentasi, dan forum diskusi. Dukungan dari komunitas ini tentunya memudahkan developer untuk mempelajari dan menggunakan ReactJs.


    Perbandingan


    Meskipun VueJs dan ReactJs memiliki banyak perbandingan, tetapi Vue dan React juga memiliki banyak kesamaan, diantaranya :


    • Menggunakan virtual DOM.
    • Menyediakan komponen tampilan yang dapat disusun dan reaktif.
    • Berfokus pada library inti, dengan urusan seperti routing dan manajemen state global ditangani oleh library tambahan.

    Meskipun keduanya menggunakan virtual DOM, yang memiliki beberapa masalah performa, Vue lebih memperhatikan masalah tersebut. Hal ini membuat Vue.js lebih ringan dan lebih cepat. Selain itu, kode yang ditulis dalam Vue.JS jauh lebih mudah dibaca, sehingga mengurangi kemungkinan munculnya bug. Oleh karena itu, Vue.JS lebih ramah developer dibandingkan React.JS.