Database Leak Tokopedia

Kemarin memang dunia Digital heboh dengan kejadian database leak di dunia digital oleh tokopedia. Banyak UKK, individu yang kebuka datanya. Apakah data leak ini benar? sepertinya asumsinya benar.

Bila ada teman-teman UKM yang ingin melakukan check apakah email dan password pernah terkena bisa check di https://avast.com/hackcheck/

Dalam dunia digital memang kejadian gini tidak bisa dipungkiri bakal bisa terjadi. Karena security ini hal yang paling riskan. Karena terkait bugs atau security ada phrase yang menyebutkan one hole close another hole open. Jadi security ini adalah tentang update.

Kita tidak akan membahas tentang security dan update secara detail karena bakal panjang dan lama kayak choki…choki.

Jadi database leak kemarin jika benar kejadian di Tokopedia maka beberapa hal ini akan terjadi dengan data akun kita.

1. Bila database teryata tidak di hash atau di enkripsi

Bila memang benar password telanjang dan bisa dibaca mata maka ini benar-benar bisa menjadi masalah. Karena password kita dapat diketahui oleh umum dan bisa terjadi brute force test kedalam website-website lain yang mungkin sejenis menggunakan robot engine.

Tapi mestinya tokopedia mengetahui hal ini, dan password mestinya tetap diamankan walaupun dengan simple enkripsi.

Tapi ini juga asumsi.

2. Social Engineering

Kegiatan dalam dunia security yang paling sering dilakukan saat ini adalah Social Engineering. Dengan Social Engineering, perentas akan menggunakan semua data-data kita di website dan dari tempat lain untuk dapat masuk ke dalam sistem yang ada di Indonesia. Seperti banking dan lainnya. Dengan adanya nama lengkap, no telp, no ktp, no rekening serta alamat baik alamat kirim ataupun alamat asli perentas dapat dengan mudah masuk kedalam akun yang memerlukan data penting, dan perentas tinggal mencari data-data lain seperti nama orangtua yang mungkin mudah didapat.

Jadi data kita yang tersebar di Internet ini bisa menjadi jalan masuk. Mungkin beberapa perusahaan akan menanyakan lebih detail tapi semua data tersebut tetap mungkin untuk didapat.

3. Boom Call, Wa Boom dan Telemarketing

Yang paling bikin annoying adalah bagaimana data-data tersebut di perjualbelikan. Data kita akan menjadi konsumsi publik untuk kegiatan telemarketing dan ini hal yang paling sangat menyebalkan sampai saat ini.

Dan masih banyak efek lain terkait database leak. Saat ini ada baiknya para UKM paham tentang data pribadi dan bagaimana cara mengelola di Internet.

#ukmdigital
#ukmdigital
#ukmdigital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *