Saat ini dunia sedang merasakan Pandemi Corona. Sehingga WHO menyatakan social distance yang berimbas dengan kegiatan WHF (Work From Home). Dikarenaka pekerjaan dilakukan dirumah maka agar produktifitas tetap terjaga maka dibutuhkan Aplikasi Online Work From Home yang dapat menunjang pekerjaan.

Beberapa perusahaan multi nasional ataupun perusahaan yang memiliki visi untuk efisiensi biasanya telah menyiapkan dan membuat custom software development untuk mendapatkan informasi kegiatan antar remote area, tetapi terdapat juga perusahaan yang membeli licensed 3rd party untuk melakukan kegiatan remote from home.

Beberapa Aplikasi Online Work From Home tersebut sebenarnya sudah banyak digunakan oleh para pekerja remote. Tetapi sering kali bagi para pekerja kantoran binggung bagaimanakah cara untuk melakukan koordinasi dengan kolega.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melakukan kegiatan work from home.

Communication Tools Aplikasi Online Work From Home:

Untuk alat komunikasi yang dapat digunakan sebenarnya terdapat beberapa pilihan:

Skype

Skype merupakan veteran dalam hal video conferences dan VOIP communication, skype menyediakan jalur komunikasi via telp dan video. Skype memiliki fitur gratis untuk perusahaan yang memiliki 20 karyawan. Salah satu kelebihan skype user dapat langsung menelp ke landline ataupun ke no telp International.

Pada basic nya kemampuan skype yang paling sering digunakan adalah fitur chat dan group chat. Dimana kita dapat membuat group chat untuk sebuah kegiatan tertentu.

https://www.skype.com/en/get-skype/

Google Hangouts Meet

Google Hangouts Meet merupakan upgrade dari layanan Google Hangout. Google Hangout meet memiliki kemampuan live streaming (view only) hingga 10.000 penonton. Selain itu Hangouts Meet dapat digunakan dalam rangka conferences class dengan 250 peserta per kelas serta terintegrasi dengan google drive bila kita ingin merekam kegiatan yang dilakukan.

Selain itu beberapa fitur skype untuk bisnis diantaranya pengatur jadwal, pencatat notula, berbagi layar, perekaman rapat, dan pesan instan.

https://meet.google.com/

Zoom

Saat ini aplikasi web conferences zoom.us menjadi favorit bagi perusahaan dan bagi para remote worker. Dengan koneksi yang stabil dan juga dengan kemudahan dalam melakukan rekaman dan berbagi layar membuat aplikasi ini menjadi primadona. Selain itu aplikasi zoom ini dapat digunakan melalui media komputer PC dan juga media mobile apps.

Untuk penggunaan aplikasi free sendiri zoom dapat mensupport 100 orang dalam satu waktu tanpa terjadi lag. Dan selain itu juga zoom memberikan batasan selama 40 menit untuk layanan free.

Dari semua layanan tersebut memang layanan yang paling mumpuni dan ok punya adalah layanan zoom.us

https://zoom.us/

Sebenarnya Aplikasi Online Work From Home video conferences adalah salah satu cara untuk mensupport kegiatan work from home. Selain aplikasi tersebut terdapat aplikasi lainnya agar pekerjaan kita dapat berjalan lebih baik.