Implementasi GIS Dalam Pemerintahan

Pemerintahan di seluruh dunia saat ini berlomba-lomba untuk melakukan implementasi Geographic Information System (GIS) dalam wilayah kerjanya masing-masing dan merupakan salah satu market yang sangat berkembang. Dengan implementasi GIS ini maka tugas-tugas yang dahulu nya dilakukan dengan pengolahan waktu yang lama dapat dipangkas karena data-data tersebut telah dimapping kedalam wilayah-wilayah kerja.

Indonesia dengan negara kepulauan yang terdiri dari berbagai daerah baik itu daerah remote ataupun direct menjadikan cakupan wilayah yang sangat luas dengan sumber daya yang sangat banyak yang harus dimonitoring, setiap wilayah memiliki berbagai macam kegiatan yang saling terkait satu dengan lainnya.

Geographic Information System (GIS) merupakan sebuah jalan keluar untuk dilakukan implementasi yang tidak terpisahkan bagi pemerintahan lokal dan pusat untuk dapat saling berkomunikasi.

iCreativelabs telah memiliki pengalaman dalam implementasi GIS baik dalam pemerintahan ataupun swasta. Beberapa contoh implementasi GIS yang dapat dilakukan dalam pemerintahan daerah dan pusat yang pernah dilakukan diantaranya:

GIS Wilayah Gempa

BMKG sebagai salah satu pelaksana kegiatan dalam memonitoring wilayah gempa, cuaca dan iklim telah melakukan pemetaan wilayah. Salah satu pemetaannya menggunakan arcgis online.

GIS Pementaan Komoditas Nasional dan Sebaran

Dengan banyakanya jumlah komoditas nasional menjadikan Indonesia sebagai wilayah yang memiliki sebaran komoditas dimana-mana. Dengan adanya data penyebaran komoditas dan history, maka diharapkan terjadinya peningkatan ekonomi diwilayah kerja petani karena mudahnya untuk melakukan monitoring hasil komoditas secara langsung.

GIS Wilayah Kerja Panas Bumi

Indonesia merupakan wilayah yang memiliki sebaran titik panas bumi yang sangat luas. Hal ini menjadikan hal yang sangat valuable bagi para investor. Dengan adanya data penyebaran titik panas bumi dan wilayah kerja akan menjadikan kemudahan bagi para pengambil keputusan dalam melakukan investasi dan pengawasan investasi.

GIS Sensus Penduduk

Salah satu hal yang paling menarik dalam Implementasi GIS di Pemerintahan ini adalah bagaiman GIS dapat memberikan gambaran penyebaran penduduk. Dengan adanya pemetaan GIS secara online ini akan memudahkan pemerintah dalam melihat pesebaran data dan dapat melakukan proyeksi untuk sensus dimasa yang akan datang.

GIS Untuk Militer

Militer sangat tergantung dengan peta muka bumi, dengan implementasi GIS untuk militer diharapkan memudahkan para eksekutif dalam menentukan kebijakan dan juga dalam melakukan deployment pasukan. Selain itu juga pemerintah dapat melakukan monitoring dan juga simulasi kegiatan perang melalui media GIS.

Untuk Implementasi Geographic Information System (GIS) pada pemerintahan tersebut dapat dilakukan menggunakan berbagai macam sistem GIS, baik itu yang berbayar seperti ARCGis, ataupun yang semi gratis seperti Google Map dan juga open source seperti OpenLayer.

Dengan Implementasi GIS dalam pemerintahan maka diharapkan pengambilan keputusan level eksekutif dan pelaksana dapat dengan cepat dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *