Strategi Buat Work From Home bagi Pemula

Kemarin bahasannya tentang zoom, google meet dan skype, sekarang kita bahas gimana strategi buat Work From Home bagi pemula.

Selama ini kita terbiasa mengerjakan projects development remote, jadi client berada dimana kita berada dimana. Karena saat ini team icreativelabs berada di Bandung dan client ada yang berada di remote area ataupun negara lain. Jadi karena kita berusaha tidak ingin merepotkan client dengan waktu dipakai buat meeting jadi kita melakukan optimasi kerjaan dengan cara collaboration online dari remote system.

Dalam melakukan kegiatan projects iCreativelabs melakukan reporting menggunakan flow sebagai berikut:

No alt text provided for this image

Melakukan Work From Home bagi perusahaan yang baru kenal dengan sistem ini sebenarnya agak merepotkan, karena kebiasaan pengawasan dilakukan dari meeting ke meeting dan bertatap muka. Walaupun sekarang tatap muka bisa dilakukan secara online dengan aplikasi yang zoom, skype dan google meet.

Salah satu hal penting dari Work From Home adalah sisi trust, dimana kepercayaan kepada team akan menjadikan kita lebih nyaman dengan keadaan dan tidak khawatir apakah team sedang mengerjakan pekerjaan atau sedang asyik nonton netflix. Agar kepercayaan ini berkesinambungan saya akan coba bagi beberapa tips selain kepercayaan:

Gunakan aplikasi kolaborasi online ataupun projects management online

Kolaborasi online menjadi hal penting pada WFH, pada sistem kolaborasi online ini kita diminta untuk saling berbagi progress pekerjaan dan tempat diskusi. Aplikasi kolaborasi online ini menjadi kantor bagi kita selama WFH. Jadi selama ini bercanda dan diskusi yang dilakukan tatap mata dilakukan pada satu panel yang sama yang chat room. Untuk diskusi yang spesifik team bisa membuka chat room khusus lainnya.

Beberapa kolaborasi online yang bisa dipakai diantaranya. Slack, Trello, Asana, Basecamp, Glip dan lainnya.

Saat ini kebanyakan perusahaan melakukan diskusi melalui Whatsapp Group ataupun telegram yang pada dasaranya bukan merupakan aplikasi produktivitas. Dengan Whatsapp memang terlihat lebih mudah karena komunikasi bisa cepat karena bergabung dengan aplikasi pribadi. Sehingga terkadang konsentrasi bercampur antara pribadi ataupun pekerjaan.

Bagi pekerjaan kedalam task list utama dan task list kecil

No alt text provided for this image

Pekerja-pekerjaan pada dasarnya dapat dibagi kedalam tasklist-tasklist kecil dan setiap tasklist kecil akan digabung kedalam satu tasklist besar. Pembagian tasklist ini harus dilakukan pencatatan dan diberikan waktu deadline serta siapa penanggung jawab dan team yang akan masuk didalamnya.

Dengan pembagian tasklist ini para supervisor sampai dengan eksekutif dapat melakukan monitoring pekerjaan-pekerjaan yang telah dan akan dilakukan oleh team.

Dengan sistem kolaborasi online seperti glip, trello dan lainnya kita bisa memastikan pekerjaan tetap dikerjakan karena sistem akan melakukan reminder untuk setiap task list yang ada.

Lakukan Reporting harian

Reporting harian ini sangat penting, reporting harian yang terstruktur akan memberikan kemudahan kita dalam mengetahui kondisi pekerjaan. Reporting by email ataupun whatsapp bukalan sebuah penggunaan reporting yang baik, dimana email-email akan bertumpuk satu dengan lainnya. Dengan projects management online ataupun kolaborasi online, report akan masuk ke dalam satu thread khusus yang saling terkait satu dengan lainnya. Hal ini akan memudahkan dalam melakukan koordinasi.

No alt text provided for this image

Lakukan Meeting Harian seperlunya

Terkadang ketakutan akan perfomance team menjadikan kita sedikit parno. Dimana setiap supervisor akan melakukan meeting harian yang sering. Sampai-sampai hari ini saya mendengar ada yang melakukan meeting bersama dengan 50 orang team.

Sebenarnya tidak ada yang salah disana. Tetapi meeting dengan 50 orang bukan merupakan hal yang bijak, karena dengan meeting sebanyak itu selain membuang waktu 50 orang juga setiap orang tidak akan terawasi dengan baik karena setiap orang mungkin akan melakukan kegiatan pribadi masing-masing.

Meeting lah dengan maximal 10 orang dan pastikan hasil meeting dapat dishare menjadi sebuat Minute Of Meeting dan bisa dibaca berkali-kali oleh user pada panel online kolaborasi.

Bikin sistem knowledge management

Knowledge management menjadi hal yang penting, dengan adanya knowledge management ini setiap orang akan mendapatkan info yang sama dan mendapatkan ilmu yang sama. Knowledge management akan menghemat waktu bagi para expert dikantor dalam menyelesaikan sebuah kasus karena kasus yang berulang dapat ditemukan pada sistem knowledge management.

Stay Connect

Tetap terkoneksi ke jaringan adalah hal yang sangat penting, karen Work From Home ini artinya kita terkonesi kapanpun dimanapun, dan setiap diskusi ataupun kebutuhan info harus dapat segera didapatkan.

Demikianlah tips selama Work From Home bagi para pembuat keputusan ataupun supervisor. Banyak tips-tips lain yang dapat memudahkan dalam WFH.

iCreativelabs telah banyak membantu perusahaan dalam melakukan optimasi kegiatan bisnis dan operasional melalui IT. Kami dapat memberikan strategi dalam meningkatkan dan melakukan optimasi business anda menjadi digital.

Study Case Development Audio-Video Streaming

Work From Home aka kerja remote saat ini yang menjadi aplikasi yang sangat di favoritkan adalah zoom. Tapi sebenarnya banyak aplikasi-aplikasi lain yang bisa bantu kita untuk kerja remote.

Selama ini untuk remote komunikasi kita menggunakan aplikasi skype yang bisa video call dan juga untuk conferences. Salah satu kelebihan dari skype ini, kita simple tinggal klik aja di user chat atau group kita untuk call.

Tapi karena kebanyakan orang-orang menggunakan standart komunikasi Whatsapp dan buat ramai-ramai maka communication engine alternatif menggunakan google meet dan juga menggunakan zoom.

Dulu icreativelabs pernah melakukan development Audio-Video Streaming untuk aplikasi komunikasi online, dari mulai video chat sampai dengan audiot chat dan text chat. Aplikasi berbasiskan mobile apps.

Pertama kali kita membuat development Audio-Video Streaming dilakukan dari scratch menggunakan engine RTSP berbasiskan UDP dan TCP. Salah satu tantangannya adalah menemukan codex yang tepat untuk melakukan transfer data. Salah satu yang memang membuat agak pusing bagaimana cara data agar tidak loosed dan realtime, karena rencana aplikasi digunakan untuk realtime (1-2 second lag bermasalah). Untuk prototype pertama running dengan baik. Karena rencana dipakai untuk user yang akan melakukan tawaf di kabah dan menggunakan intranet. Tetapi problem muncul dikarenakan hp hanya mensupport maximum tethering 10 user dan terjadi lag.

Akhirnya kita berpindah ke sistem Internet dengan server terserndiri dan pilihan jatuh kepada open source red5 community yang akhirnya pilih yang non community base tapi versi berbayar.

Salah satu yang menjadi tantangan selama development Audio-Video Streaming ini teryata bukan jumlah dan lag-nya, tetapi adalah infrastructure server yang cukup mahal. Dikarenakan untuk membuat server streaming dibutuhkan server yang cukup mumpuni. Selain itu juga tergantung dengan provider Internet yang digunakan.

Secara development aplikasi selesai dilakukan dan dapat digunakan, kendala yang muncul dilapangan adalah wilayah penggunaan aplikasi yang terdapat banyak blank spot.

Jadi pembuat aplikasi communication seperti zoom, skype dan juga google meet saat ini dapat dilakukan, tantangannya adalah bagaimana tetap sustain karena kedepannya sistem kerja remote ini akan di adopsi oleh berbagai macam perusahaan dan juga akan menjadi sebuah trend terbaru.

Aplikasi Online Work From Home Yang Dapat Digunakan dengan Cepat dan Murah

Saat ini dunia sedang merasakan Pandemi Corona. Sehingga WHO menyatakan social distance yang berimbas dengan kegiatan WHF (Work From Home). Dikarenaka pekerjaan dilakukan dirumah maka agar produktifitas tetap terjaga maka dibutuhkan Aplikasi Online Work From Home yang dapat menunjang pekerjaan.

Beberapa perusahaan multi nasional ataupun perusahaan yang memiliki visi untuk efisiensi biasanya telah menyiapkan dan membuat custom software development untuk mendapatkan informasi kegiatan antar remote area, tetapi terdapat juga perusahaan yang membeli licensed 3rd party untuk melakukan kegiatan remote from home.

Beberapa Aplikasi Online Work From Home tersebut sebenarnya sudah banyak digunakan oleh para pekerja remote. Tetapi sering kali bagi para pekerja kantoran binggung bagaimanakah cara untuk melakukan koordinasi dengan kolega.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melakukan kegiatan work from home.

Communication Tools Aplikasi Online Work From Home:

Untuk alat komunikasi yang dapat digunakan sebenarnya terdapat beberapa pilihan:

Skype

Skype merupakan veteran dalam hal video conferences dan VOIP communication, skype menyediakan jalur komunikasi via telp dan video. Skype memiliki fitur gratis untuk perusahaan yang memiliki 20 karyawan. Salah satu kelebihan skype user dapat langsung menelp ke landline ataupun ke no telp International.

Pada basic nya kemampuan skype yang paling sering digunakan adalah fitur chat dan group chat. Dimana kita dapat membuat group chat untuk sebuah kegiatan tertentu.

https://www.skype.com/en/get-skype/

Google Hangouts Meet

Google Hangouts Meet merupakan upgrade dari layanan Google Hangout. Google Hangout meet memiliki kemampuan live streaming (view only) hingga 10.000 penonton. Selain itu Hangouts Meet dapat digunakan dalam rangka conferences class dengan 250 peserta per kelas serta terintegrasi dengan google drive bila kita ingin merekam kegiatan yang dilakukan.

Selain itu beberapa fitur skype untuk bisnis diantaranya pengatur jadwal, pencatat notula, berbagi layar, perekaman rapat, dan pesan instan.

https://meet.google.com/

Zoom

Saat ini aplikasi web conferences zoom.us menjadi favorit bagi perusahaan dan bagi para remote worker. Dengan koneksi yang stabil dan juga dengan kemudahan dalam melakukan rekaman dan berbagi layar membuat aplikasi ini menjadi primadona. Selain itu aplikasi zoom ini dapat digunakan melalui media komputer PC dan juga media mobile apps.

Untuk penggunaan aplikasi free sendiri zoom dapat mensupport 100 orang dalam satu waktu tanpa terjadi lag. Dan selain itu juga zoom memberikan batasan selama 40 menit untuk layanan free.

Dari semua layanan tersebut memang layanan yang paling mumpuni dan ok punya adalah layanan zoom.us

https://zoom.us/

Sebenarnya Aplikasi Online Work From Home video conferences adalah salah satu cara untuk mensupport kegiatan work from home. Selain aplikasi tersebut terdapat aplikasi lainnya agar pekerjaan kita dapat berjalan lebih baik.

Implementasi GIS Dalam Pemerintahan

Pemerintahan di seluruh dunia saat ini berlomba-lomba untuk melakukan implementasi Geographic Information System (GIS) dalam wilayah kerjanya masing-masing dan merupakan salah satu market yang sangat berkembang. Dengan implementasi GIS ini maka tugas-tugas yang dahulu nya dilakukan dengan pengolahan waktu yang lama dapat dipangkas karena data-data tersebut telah dimapping kedalam wilayah-wilayah kerja.

Indonesia dengan negara kepulauan yang terdiri dari berbagai daerah baik itu daerah remote ataupun direct menjadikan cakupan wilayah yang sangat luas dengan sumber daya yang sangat banyak yang harus dimonitoring, setiap wilayah memiliki berbagai macam kegiatan yang saling terkait satu dengan lainnya.

Geographic Information System (GIS) merupakan sebuah jalan keluar untuk dilakukan implementasi yang tidak terpisahkan bagi pemerintahan lokal dan pusat untuk dapat saling berkomunikasi.

iCreativelabs telah memiliki pengalaman dalam implementasi GIS baik dalam pemerintahan ataupun swasta. Beberapa contoh implementasi GIS yang dapat dilakukan dalam pemerintahan daerah dan pusat yang pernah dilakukan diantaranya:

GIS Wilayah Gempa

BMKG sebagai salah satu pelaksana kegiatan dalam memonitoring wilayah gempa, cuaca dan iklim telah melakukan pemetaan wilayah. Salah satu pemetaannya menggunakan arcgis online.

GIS Pementaan Komoditas Nasional dan Sebaran

Dengan banyakanya jumlah komoditas nasional menjadikan Indonesia sebagai wilayah yang memiliki sebaran komoditas dimana-mana. Dengan adanya data penyebaran komoditas dan history, maka diharapkan terjadinya peningkatan ekonomi diwilayah kerja petani karena mudahnya untuk melakukan monitoring hasil komoditas secara langsung.

GIS Wilayah Kerja Panas Bumi

Indonesia merupakan wilayah yang memiliki sebaran titik panas bumi yang sangat luas. Hal ini menjadikan hal yang sangat valuable bagi para investor. Dengan adanya data penyebaran titik panas bumi dan wilayah kerja akan menjadikan kemudahan bagi para pengambil keputusan dalam melakukan investasi dan pengawasan investasi.

GIS Sensus Penduduk

Salah satu hal yang paling menarik dalam Implementasi GIS di Pemerintahan ini adalah bagaiman GIS dapat memberikan gambaran penyebaran penduduk. Dengan adanya pemetaan GIS secara online ini akan memudahkan pemerintah dalam melihat pesebaran data dan dapat melakukan proyeksi untuk sensus dimasa yang akan datang.

GIS Untuk Militer

Militer sangat tergantung dengan peta muka bumi, dengan implementasi GIS untuk militer diharapkan memudahkan para eksekutif dalam menentukan kebijakan dan juga dalam melakukan deployment pasukan. Selain itu juga pemerintah dapat melakukan monitoring dan juga simulasi kegiatan perang melalui media GIS.

Untuk Implementasi Geographic Information System (GIS) pada pemerintahan tersebut dapat dilakukan menggunakan berbagai macam sistem GIS, baik itu yang berbayar seperti ARCGis, ataupun yang semi gratis seperti Google Map dan juga open source seperti OpenLayer.

Dengan Implementasi GIS dalam pemerintahan maka diharapkan pengambilan keputusan level eksekutif dan pelaksana dapat dengan cepat dilakukan.

Sistem Informasi Gempa Bumi dan Aplikasi Pemantau Gempa Bumi

Indonesia berada pada wilayah Cincin Api Pasifik yang berada di antara tiga tumbukan lempeng benua, tiga tumbukan lempeng tersebut adalah Indo-Australia dari sebelah selatan, Eurasia dari utara, dan Pasifik dari timur.

Gempa bumi adalah gejala alam yang tidak dapat dihindari dan tidak dapat diprediksi waktu kejadiannya. Hal yang dapat dilakukan adalah melakukan mitigasi bencana dan juga melakukan pemetaan wilayah untuk melihat histori masa lalu.

Salah satu cara untuk mengetahui pemetaan gempa bumi bisa dilakukan menggunakan sistem informasi geographis seperti google maps, arcgis ataupun open source seperti openlayers. Dimana titik-titik tersebut dipetakan berdasarkan historis kejadian dan juga luas wilayah yang terpapar.

earthquake.usgs.gov adalah satu website dari pemerintah amerika yang memberikan gambaran history gempa secara GIS dan realtime. Website tersebut dapat di akses melalui https://earthquake.usgs.gov/earthquakes/map/

Pengembangan aplikasi GIS untuk gempa diharapkan dapat memudahkan dalam melakukan mitigasi bencana dan membuat masyarakat aware dengan keadaan yang ada. Selain itu pengembangan aplikasi berbasis GIS gempa ini dapat memberikan peringatan dini untuk kejadian-kejadian gempa yang terjadi di radius tertentu.

Untuk end user aplikasi gempa sudah banyak tersedia baik itu beruapa mobile apps ataupun web apps. Beberapa aplikasi gempa tersebut diantaranya:

Info BMKG

Info BMKG memberika update terkait gempa dan juga prakiraan cuaca, seluruh kabupaten atau kota, plus lokasi sekitar pengguna. Selain itu aplikasi BMKG juga memberikan info terkait Peta Iklim, Kualitas Udara, Cuaca.
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.Info_BMKG&hl=en

Info Gempa Bumi Terkini

Aplikasi Info Gempa Bumi Terkini dapat memberik informasi dan mengetahui jarak lokasi gempa bumi terkini dengan lokasi dan selain itu juga pengguna akan mendapatkan alarm peringatan tsunami dari BMKG secara langsung. Beberapa fitur-firu lainnya

– Informasi Gempa diatas 5 Skala Richter
– Informasi Gempa dibawah 5 Skala Richter
– Informasi Prakiraan Cuaca Indonesia
– Pengaturan Prakiraan Cuaca Indonesia
– Pengingat Alarm Notifikasi Gempa Bumi Terkini
– Bagikan kepada teman, sahabat ataupun keluarga anda
– Informasi Aktual BMKG

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.minall.infobmkg&hl=en

Selain 2 aplikasi tersebut terdapat beberapa aplikasi yang bisa digunakan dalam melakukan pemantauan gempa seperti:

  • Beta Quake Alert
  • Earthquake Alert!
  • MyShake

Pencarian text pada directory di linux

Untuk melakukan pencarian text pada linux kita dapat menggunakan perintah berikut ini pada terminal:

grep -rnw '/path/to/directory/' -e 'pattern'
  • -r or -R is recursive,
  • -n is line number, and
  • -w stands for match the whole word.
  • -l (lower-case L) can be added to just give the file name of matching files.

Sample Perintah yang digunakan:

Pencarian ini akan mencari data pada file yang ber- ekstensi “.php” ataupun “.inc”:

grep --include=\*.{php,inc} -rnw '/path/to/directory/' -e "pattern"

Pencarian ini akan melakukan skip untuk file-file yang ber-ekstensi “.php” extension:
grep --exclude=*.php -rnw '/path/to/somewhere/' -e "pattern"

Untuk pencarian skip direktori tertentu dapat menggunakan--exclude-dirparameter. Sebagai salah satu contoh, kita akan melakukan skip untuk direktori dir1/, dir2/ dan semua hal yang memiliki ektensi *.dst/:

grep --exclude-dir={dir1,dir2,*.dst} -rnw '/path/to/somewhere/' -e "pattern"

References site:

https://stackoverflow.com/questions/16956810/how-do-i-find-all-files-containing-specific-text-on-linux

Implementasi GIS dalam dunia bisnis

Dunia Geographic Information System (GIS) saat ini semakin berkembang. Dengan munculnya banyak perangkat bergerak (mobile device) yang telah tertanam secara default fitur GIS menjadikan aplikasi berbasis GIS menjadi sebuah primadona tersendiri.

Perusahaan-perusahaan mulai berlomba-lomba dalam melakukan implemetasi GIS agar perusahaan mendapatkan benefit lebih dari kemampuan GIS itu sendiri. Dengan adanya mapping data berdasarkan lokasi, membuat pekerjaan dalam pengambilan keputusan menjadi lebih mudah bagi pihak management, marketing maupun sales.

Berikut ini beberapa ide implementasi GIS dalam dunia bisnis dan kehidupan.

1. Visual Mapping Area

GIS banyak digunakan untuk melakukan mapping area dan mepresentasikan data-data dalam bentuk visual. Area-area yang dimapping dapat berupa area perumahan, area penjualan, area penyebaran penduduk.

2. Telecom dan Network Services

Organisasi bisni dapat melakukan pemasukan data geografis ke dalam kegiatan desain jaringan, optimalisasi serta perencanaan, dan pemeliharaan data jaringan yang kompleks. Dengan mapping data ini juda dapat meningkatkan kemudahan dalam proses koordinasi dalam pelayanan pelanggan yang lebih baik.

3. Traffic Managemen dan Analisis Kecelakaan

Data GIS dapat digunakan dalam membantu identifikasi lokasi kecelakaan serta melakukan manipulasi jalan dan kendaraan agar menghidari jumlah kecelakaan yang lebih banyak . Selain itu juga dengan implementasi traffic management akan memudahkan operator jalan dalam melakukan pengawasan traffic.

4. Urban Planning

Teknologi GIS digunakan untuk menganalisis pertumbuhan perkotaan dan arah ekspansi yang dapat dilakukan, selain itu GIS juga digunakan untuk menemukan situs yang cocok untuk pengembangan perkotaan lebih lanjut.

Selain itu teknologi GIS juga dapat memberikan gambaran tentang permukaan dan kontur tanah, data aksesibilitas, tanah harus kosong atau memiliki nilai penggunaan rendah saat ini dan bagimana status pasokan air disuatu daerah.

5. Transportation Planning

GIS dapat digunakan dalam mengelola masalah transportasi dan logistik. Jika departemen transportasi merencanakan untuk kereta api baru atau rute jalan, maka hal ini dapat dilakukan dengan melakukan penambahan data lingkungan dan topografi ke dalam platform GIS.

Selain itu dengan data-data tambahan yang baik maka perusahaan dapat memberikan rute terbaik untuk transportasi berdasarkan kriteria seperti rute paling datar, paling sedikit kerusakan pada habitat dan paling tidak mengganggu masyarakat setempat. Sistem Informasi Geographis juga dapat membantu memantau sistem kereta api dan kondisi jalan.

Mobile Apps Development

Mobile Apps Development adalah sebuah kegiatan pengembangan aplikasi berbasiskan mobilephone atau smartphone. Dengan semakin berkembangnya dunia SmartPhone maka Mobile Apps Development menjadi hal yang sangat banyak diminati.

Apakah mobile apps development itu rumit?

Jawabannya kembali lagi tergantung requirement dan tergantung kebutuhan dari sisi user.

Mobile apps (native dan hybrid) pada dasarnya dapat berdiri sendiri tanpa perlu perantara Internet, backend, server ataupun database. Karena pada dasarnya Mobile apps yang tidak memerlukan transaksi data dan penyimpanan di cloud dapat menyelesaikan tasklist-tasklist tanpa ketergantungan Internet ataupun sejenisnya.

𝐊𝐚𝐩𝐚𝐧 𝐬𝐞𝐛𝐮𝐚𝐡 𝐦𝐨𝐛𝐢𝐥𝐞 𝐚𝐩𝐩𝐬 𝐛𝐮𝐭𝐮𝐡 𝐈𝐧𝐭𝐞𝐫𝐧𝐞𝐭:

Mobile apps itu pada dasarnya hanya sebuah interface yang menjebatani antara pengguna dan sistem sama seperti browser seperti chrome, firefox dan lainnya. Yang membedakannya Mobile apps ini adalah sebuah aplikasi yang digunakan spesifik untuk penyelesaian tugas yang khusus.

Mobile Apps membutuhkan Internet/Jaringan jika kita akan melakukan transaksi-transaksi khusus ataupun melakukan pencatatan yang ingin disimpan kedalam database dan ingin digunakan datanya untuk kebutuhan pihak lain.

𝐀𝐩𝐚𝐤𝐚𝐡 𝐌𝐨𝐛𝐢𝐥𝐞 𝐀𝐩𝐩𝐬 𝐏𝐞𝐫𝐥𝐮 𝐁𝐚𝐜𝐤𝐞𝐧𝐝

Backend itu bahasa kerennya adalah Dashboard, biasanya dalam bentuk webbase tapi ada juga yang dalam bentuk mobile.

Kenapa banckend ini lebih kearah webbase karena backend ini akan menampilkan hal-hal yang lebih kompleks, dari mulai pengaturan sampai dengan report.

Kalo pertanyaanya apakah perlu? biasanya kalo memang sebuah apps sudah berbentuk transaksi maka secara otomatis dibutuhkan sebuah panel Dashboard yang dapat memberikan data-data kegiatan dari transaksi. Seperti data pengguna, data transaksi atapun data lainnya yang bersifat dinamik.

𝐀𝐩𝐚𝐤𝐚𝐡 𝐒𝐚𝐲𝐚 𝐏𝐞𝐫𝐥𝐮 𝐌𝐞𝐦𝐛𝐮𝐚𝐭 𝐀𝐩𝐥𝐢𝐤𝐚𝐬𝐢 𝐌𝐨𝐛𝐢𝐥𝐞 𝐀𝐩𝐩𝐬?

Untuk hal ini kembali lagi ke kebutuhannya dan nature aplikasinya. Kalo memang dibuka di browser masih nyaman dan tidak memiliki kebutuhan khusus, maka cukupkanlah dengan browser.

Tetapi kalo memang ingin memberikan penawaran-penawaran istimewa atau daily activity-nya sering banget maka lebih baik  membuat aplikasi mobile appsnya.

Berapakah biaya Development Mobile Apps?

Biaya pembuatan aplikasi mobile apps sebenarnya tergantung dari tingkat kerumitan dari aplikasi tersebut. Karena ada beberapa faktor yang akan menentukan seberapa banyak pekerjaan yang akan dilakukan. Pekerjaan-pekerjaan tersebut dapat berupa:

  • Analysis dan Dokumentasi
  • Design Aplikasi
  • Pembuatan API transaksi bila aplikasi tersebut memiliki transaksi
  • Security

Biasanya pengembangan Development Mobile Apps hybrid dimulai dari harga 50jt sampai dengan harga 500jt bahkan lebih. Jadi pengembangn Mobile Apps ini akan tergantung dari requirement yang ada.

Contoh Aplikasi Mobile Apps yang dikembangkan di iCreativelabs

Cara Instalasi React Native di Mac OS

Berikut ini adalah cara bagaimana melakukan instalasi React Native di Mac OS. Tutorial kali ini akan menggunakan homebrew sebagai tools instalasinya. Homebrew dipakai dikarenakan kemudahan dalam melakukan instalasi dan kita tidak perlu melakukan aksi sudo.

1. Instalasi Homebrew

Pertama kali kita akan melakukan instalasi homebrew. Homebrew adalah tools aplikasi untuk memudahkan instalasi paket-paket untuk Mac OS. Untuk lebih detail bisa langsung mengunjungi halaman homebrew

Buka Terminal kemudian ketikan atau copas command berikut ini:

/usr/bin/ruby -e "$(curl -fsSL https://raw.githubusercontent.com/Homebrew/install/master/install)"

2. Instalasi node & watcman

Node adalah aplikasi perangkat lunak yang didesain untuk pengembangan web. Node berbasiskan javascript sehingga sangat mungkin untuk di eksekusi di berbagai macam device.
Watchman digunakan sebagai tools untuk mengawasi perubahan yang dilakukan, sehingga sistem dapat direbuild secara otomatis. Berikut ini link detail untuk watchman.
brew install node
brew install watchman

 3. Install React Native CLI

npm install -g react-native-cli

4. Install XCode Command Line

Bila Mac OS kita belum terinstall XCode, kita dalam melakukan instalasi xcode command line melalui terminal.

Untuk melakukan pengecheckan apakah XCode Command Line sudah terinstall atau belum dapat melakukan check

xcode-select -p

bila sudah terinstall maka akan muncul text seperti ini: 

 /Library/Developer/CommandLineTools

Bila belum terinstall maka bisa dilakukan perintah ini pada terminal.

xcode-select --install

5. Test membuat React Native Project

react-native init MyNewProject
cd MyNewProject
react-native run-ios

Demikianlah Cara Instalasi React Native di Mac OS, untuk instalasi ini dibutuhkan koneksi internet yang cukup banyak dan stabil, karena sistem akan mendownload paket-paket yang dibutuhkan.

Restricted specific extension file type access in IIS

Dalam aplikasi web, terkadang kita menginginkan agar sebuah folder atau extension tertentu agar tidak bisa diakses oleh browser ataupun sejenisnya. Bila apache server dapat menggunakan .htaccess config maka pada IIS kita dapat menggunakan web.config.

Buat 1 buah web.config dan letakkan pada folder yang ingin kita batasin akses extension filenya

<?xml version="1.0" encoding="UTF-8"?>
<configuration>
    <system.webServer>
        <security>
            <requestFiltering>
                <fileExtensions applyToWebDAV="false">
                     <add fileExtension=".pdf" allowed="false" />
                     <add fileExtension=".docx" allowed="false" />
                </fileExtensions>
            </requestFiltering>
         </security> 
    </system.webServer>
</configuration> 

Pada section di atas, kita akan membatasi III untuk mengakses file pdf dan docx.